PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENERAPAN KONSEP PEMBELAJARAN UNIVERSAL
UTHOPIA GUNA MENUNJANG PENGAJARAN IPS DI
KELAS X AP 1
SMKN 1 KADIPATEN KABUPATEN MAJALENGKA
PROPINSI JAWABAN
BARAT TAHUN PELAJARAN 2012-2013
![](file:///C:\Users\DANAID~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.jpg)
Disusun Oleh
DANA IDANG HADIANA, S.Pd.
NIP.
197303132007011008
PEMERINTAH KABUPATEN MAJALENGKA
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK
NEGERI 1 KADIPATEN
KABUPATEN MAJALENGKA
TAHUN
PELAJARAN 2012 /2013
LEMBAR PENGESAHAN KEPALA
SEKOLAH
PENERAPAN KONSEP
PEMBELAJARAN UNIVERSAL UTHOPIA
GUNA MENUNJANG
PENGAJARAN IPS DI KELAS X AP 1
SMKN1 KADIPATEN
KABUPATEN MAJALENGKA
PROPINSI JAWA BARAT
TAHUN PELAJARAN 2012-2013
Kadipaten, September 2012
Kepala Perpustakaan Peneliti
EGAH
LINGGASARI, S.Pd. M.Pd. DANA IDANG HADIANA, S.Pd
NIP. 19681226 200501 2 003 NIP. 19730313 200701 1 008
Mengetahui/Mengesahkan ;
Kepala Sekolah SMKN 1 KADIPATEN
NANA
SURJANA, S.Pd.
Pembina Tk.1
NIP.19640513
198803 1 003
LEMBAR PENGESAHAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
PENERAPAN KONSEP
PEMBELAJARAN UNIVERSAL UTHOPIA
GUNA MENUNJANG
PENGAJARAN IPS DI
KELAS X AP 1
SMKN 1
KADIPATENKABUPATEN MAJALENGKA
PROPINSI JAWA ARAT TAHUN
PELAJARAN 2012-2013
Oleh :
DANA IDANG
HADIANA, S.Pd.
NIP.
197303132007011008
Mengetahui/Mengesahkan
;
Petugas Perpustakaan
EGAH
LINGGASARI, M.Pd.
NIP.
196812262005012003
LEMBAR PENGESAHAN
KETUA PGRI KABUPATEN
__________
Mengetahui / mengesahkan
Laporan Hasil Penelitian Tindakan
Kelas sebagai persyaratan Kenaikan Pangkat / Golongan IV/a ke IV/b
(unsur pengembangan profesi guru / KS)
Ketua PGRI Kabupaten _________
______________________
NPA.
LEMBAR PENGESAHAN
KEPALA UPTD PENDIDIKAN
KABUPATEN ___________
Mengetahui /
mengesahkan Laporan Hasil Penelitian
Tindakan Kelas sebagai persyaratan Kenaikan Pangkat / Golongan III/b ke III/C
(unsur pengembangan profesi guru / KS)
Kepala UPTD Pendidikan
Kab. _________
________________________
NIP.
KATA PENGANTAR
Penulis selalu dan senantiasa memanjatkan puji syukur
kehadirat-Nya, yang mana akhirnya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan Laporan Hasil
P T K dengan baik, sukses dan
lancar. Dengan ketulusan hati, penulis
menghaturkan banyak terima kasih kepada
Kepala Sekolah dan para guru yang mengajar di SMK Negeri 1 Kadipaten yang
telah membantu guna terlaksananya penyelenggaraan penelitian tindakan sampai
pada penyusunan laporan Karya Tulis Ilmiah ini.
Penulis sadari bahwa dalam
penyusunan Laporan Hasil PTK ini, masih
banyak kekurangan di sana – sini, untuk itu
penulis sangat memohon partisiapsi dari para pembaca sekalian berupa
kritik dan saran demi perbaikan di
kemudian hari.
Semoga
Laporan Hasil PTK ini bermanfaat bagi mutu pendidikan Indonesia.
Kadipaten, 5 September 2012
Penulis,
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN
JUDUL.........................................................................................
i
HALAMAN PENGESAHAN...........................................................................
ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................
iii
DAFTAR ISI……………………………………………………………………
iv
ABSTRAK......................................................................................................... .
v
BAB I : PENDAHULUAN
A..
Latar Belakang Masalah PTK..................................................
1
B..
Rumusan Masalah PTK...........................................................
3
C..
Definisi Operasional................................................................
3
D..
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas...........................................
5
E...
Manfaat Penelitian...................................................................
5
BAB II :
LANDASAN TEORI
A.. Konsep Dasar Ilmu Sosial.....................................................
7
B.. Karakteristik Pendidikan Ilmu Sosial................................... 8
C.. Tujuan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial........................ 9
D.. Konsep Mengajar Model Universal Uthopia........................ 10
BAB III : METODOLOGI PENELITIAN
TINDAKAN
A.. Observasi Awal.......................................................................
15
B.. Identifikasi Masalah..............................................................
15
C.. Membuat Rencana Tindakan.................................................
16
D.. Penyusunan Instrumen...........................................................
16
BAB IV :
HASIL PENELITIAN TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.. Hasil Tindakan ...................................................................... 22
B.. Pembahasan Hasil Penelitian.................................................
36
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A..
Kesimpulan.............................................................................. 41
B..
Saran........................................................................................ 42
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................... 43
Lampiran ........................................................................................................ 45
ABSTRAK
Kesuksesan pendidikan
anak sekolah, merupakan harapan bagi setiap orang tua, pemerintah dan
masyarakat luas pada umumnya. Keberhasilan anak sangat sekali didambakan,
karena mereka sebagai sosok tulang punggung suatu bangsa yang akan meneruskan
perjuangan para pahlawan terdahulu untuk menerushan cita-cita bangsanya yang
harus diisi dengan pembangunan bangsanya yang akan datang.
Suksesnya suatu pendidikan tidak akan lepas
dari jasa-jasa para pendidik ( Wumpy Ibrahim, dkk : 1992 : 5 ) yang menjadi
pertanyaan adalah mengapa daya tarik siswa terhadap materi pelajaran IPS
sejarah kurang menggembirakan hasil nilainya. Karena pelajaran IPS merupakan
pengajaran hapalan bukan seperti pelajaran matematika yang sering dikatakan
orang, bahwa pengajaran matematika disebut ilmu pasti. Karena dalam proses
berpikir pekerjaan soalsoalnya memerlukan kejelian dan ketelitian. Hal inilah
yang menjadi bahan kontemplasi, sehingga penulis merepleksikan hasil perenungan
yaitu melalui penelitian tindakan kelas ini.
Dalam penelitian ini
peneliti mencoba mengkaji dan mempelajari faktor terjadinya masalah tersebut.
Maka dari segi metode, media, sumber atau sedaksional itu sendiri. Dalam hal
ini penulis lebih konsen pada materi pelajaran IPS sejarah bagaimana agar daya
tarik siswa dapat lebih mudah memahami dan menafsirkan soal IPS.
Aplikasi dari
pendekatan ini masih belum optimal dilaksanakan di SMK terbukti ketika peneliti mengadakan observasi
sehingga merasakan langsung kesulitan peserta didik dalam menjawab soal-soal
ilmu pengetahuan Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas XI AP 2 SMKN
I Kadipaten Kabupaten Majalengka Propinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2012/2013.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar