Senin, 18 Mei 2015

contoh lembar pengesahan PTK IPS



PENELITIAN TINDAKAN  KELAS


 PENERAPAN KONSEP PEMBELAJARAN UNIVERSAL UTHOPIA GUNA MENUNJANG PENGAJARAN  IPS  DI KELAS X AP 1
SMKN 1  KADIPATEN KABUPATEN MAJALENGKA
PROPINSI JAWABAN BARAT TAHUN PELAJARAN 2012-2013


 

Disusun  Oleh
DANA IDANG HADIANA, S.Pd.
                             NIP. 197303132007011008








 PEMERINTAH KABUPATEN MAJALENGKA
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN    
SMK NEGERI 1 KADIPATEN
 KABUPATEN MAJALENGKA
TAHUN  PELAJARAN  2012 /2013


LEMBAR PENGESAHAN KEPALA SEKOLAH




PENERAPAN KONSEP PEMBELAJARAN UNIVERSAL UTHOPIA
GUNA MENUNJANG PENGAJARAN  IPS  DI KELAS X AP 1
SMKN1 KADIPATEN KABUPATEN MAJALENGKA
PROPINSI JAWA BARAT TAHUN PELAJARAN 2012-2013
                                                                                               



                                                                                    Kadipaten,    September 2012
Kepala Perpustakaan                                                 Peneliti




EGAH LINGGASARI, S.Pd. M.Pd.                          DANA IDANG HADIANA, S.Pd
NIP. 19681226 200501 2 003                                     NIP. 19730313 200701 1 008














Mengetahui/Mengesahkan ;

Kepala Sekolah SMKN 1 KADIPATEN





NANA SURJANA, S.Pd.
Pembina Tk.1
                                                 NIP.19640513 198803 1 003  



LEMBAR PENGESAHAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH




PENERAPAN KONSEP PEMBELAJARAN UNIVERSAL UTHOPIA
GUNA MENUNJANG PENGAJARAN  IPS  DI  KELAS X AP 1
SMKN 1 KADIPATENKABUPATEN MAJALENGKA
PROPINSI JAWA ARAT TAHUN PELAJARAN 2012-2013











Oleh :
 
  
 DANA IDANG HADIANA, S.Pd.
NIP. 197303132007011008





 



Mengetahui/Mengesahkan ;

Petugas Perpustakaan






EGAH LINGGASARI, M.Pd.
NIP. 196812262005012003



LEMBAR PENGESAHAN
KETUA PGRI KABUPATEN  __________





Mengetahui / mengesahkan  Laporan Hasil Penelitian Tindakan     Kelas  sebagai persyaratan  Kenaikan Pangkat / Golongan IV/a ke IV/b (unsur pengembangan profesi guru / KS)

                                                 
                                                                      

                                                   Ketua  PGRI  Kabupaten  _________







 ______________________
                                                    NPA. 















LEMBAR PENGESAHAN
KEPALA  UPTD PENDIDIKAN KABUPATEN ___________ 





 Mengetahui / mengesahkan  Laporan Hasil Penelitian Tindakan     Kelas  sebagai persyaratan  Kenaikan Pangkat / Golongan III/b ke III/C (unsur pengembangan profesi guru / KS)




   Kepala UPTD Pendidikan
  Kab.  _________






                                                                                            
    ________________________
NIP.









KATA  PENGANTAR




 Penulis  selalu dan senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat-Nya, yang mana akhirnya, penulis dapat  menyelesaikan tugas penyusunan Laporan Hasil P T K  dengan baik, sukses dan lancar.   Dengan ketulusan hati, penulis menghaturkan   banyak terima kasih  kepada  Kepala Sekolah dan para guru yang mengajar di SMK Negeri 1 Kadipaten yang telah membantu guna terlaksananya penyelenggaraan penelitian tindakan sampai pada penyusunan laporan Karya Tulis Ilmiah ini. 
Penulis sadari bahwa dalam penyusunan  Laporan Hasil PTK ini, masih banyak kekurangan di sana – sini, untuk itu  penulis sangat memohon partisiapsi dari para pembaca sekalian   berupa kritik dan saran  demi perbaikan di kemudian hari.
 Semoga  Laporan Hasil PTK ini bermanfaat bagi mutu pendidikan  Indonesia.



       Kadipaten, 5 September 2012


  

Penulis,



                                          

DAFTAR ISI


Halaman
HALAMAN JUDUL......................................................................................... i         
HALAMAN PENGESAHAN........................................................................... ii        
KATA PENGANTAR....................................................................................... iii       
DAFTAR ISI…………………………………………………………………… iv      
ABSTRAK......................................................................................................... . v       
     
BAB   I     :     PENDAHULUAN 
A.. Latar Belakang Masalah PTK.................................................. 1
B.. Rumusan Masalah PTK........................................................... 3
C.. Definisi Operasional................................................................ 3 
D.. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas........................................... 5 
E... Manfaat Penelitian................................................................... 5 

BAB  II     :     LANDASAN TEORI 
A..     Konsep Dasar Ilmu Sosial..................................................... 7           
B..     Karakteristik Pendidikan Ilmu Sosial................................... 8           
C..     Tujuan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial........................ 9           
D..     Konsep Mengajar Model Universal Uthopia........................ 10                    

BAB III    :     METODOLOGI  PENELITIAN   TINDAKAN
A..   Observasi Awal....................................................................... 15                     
B..    Identifikasi Masalah.............................................................. 15                     
C..    Membuat Rencana Tindakan................................................. 16                     
D..    Penyusunan Instrumen........................................................... 16                     

BAB IV    :     HASIL  PENELITIAN TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A..    Hasil Tindakan ......................................................................  22                     
B..    Pembahasan Hasil Penelitian................................................. 36                     

BAB  V        KESIMPULAN DAN SARAN 
A.. Kesimpulan..............................................................................   41                    
B.. Saran........................................................................................   42                    

DAFTAR PUSTAKA ...........................................................................................  43
Lampiran         ........................................................................................................  45         





ABSTRAK
Kesuksesan pendidikan anak sekolah, merupakan harapan bagi setiap orang tua, pemerintah dan masyarakat luas pada umumnya. Keberhasilan anak sangat sekali didambakan, karena mereka sebagai sosok tulang punggung suatu bangsa yang akan meneruskan perjuangan para pahlawan terdahulu untuk menerushan cita-cita bangsanya yang harus diisi dengan pembangunan bangsanya yang akan datang.
 Suksesnya suatu pendidikan tidak akan lepas dari jasa-jasa para pendidik ( Wumpy Ibrahim, dkk : 1992 : 5 ) yang menjadi pertanyaan adalah mengapa daya tarik siswa terhadap materi pelajaran IPS sejarah kurang menggembirakan hasil nilainya. Karena pelajaran IPS merupakan pengajaran hapalan bukan seperti pelajaran matematika yang sering dikatakan orang, bahwa pengajaran matematika disebut ilmu pasti. Karena dalam proses berpikir pekerjaan soalsoalnya memerlukan kejelian dan ketelitian. Hal inilah yang menjadi bahan kontemplasi, sehingga penulis merepleksikan hasil perenungan yaitu melalui penelitian tindakan kelas ini.
Dalam penelitian ini peneliti mencoba mengkaji dan mempelajari faktor terjadinya masalah tersebut. Maka dari segi metode, media, sumber atau sedaksional itu sendiri. Dalam hal ini penulis lebih konsen pada materi pelajaran IPS sejarah bagaimana agar daya tarik siswa dapat lebih mudah memahami dan menafsirkan soal IPS.
Aplikasi dari pendekatan ini masih belum optimal dilaksanakan di SMK  terbukti ketika peneliti mengadakan observasi sehingga merasakan langsung kesulitan peserta didik dalam menjawab soal-soal ilmu pengetahuan   Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas XI AP 2 SMKN I Kadipaten Kabupaten Majalengka Propinsi Jawa Barat  Tahun Pelajaran 2012/2013.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar