Senin, 11 Mei 2015

RPP SMK Kls X (4)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SMK Negeri 1 San Jose
Mata Pelajaran            : Sejarah
Tema                           : Klasifikasi Jenis Manusia Praaksara
Pertemuan ke-             : 4
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda  sesuai kaidah   keilmuan

B.     Kompetensi dasar
1.1. Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antarumat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.1. Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada masa praaksara, Hindu-Buddha dan Islam
2.3. Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.5. Memahami corak kehidupan masyarakat  pada zaman praaksara
4.2. Menyajikan hasil penalaran mengenai  corak kehidupan masyarakat pada    zaman praaksara dalam bentuk tulisan

C.    Indikator
1.      Menunjukan keteladanan para pemimpin dalam toleransi antarumat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.      Mewujudkan sikap jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.      Menganalisis jenis manusia Praaksara
4.      menganalisis ciri-ciri manusia praaksara
5.      mengklasifikasi jenis manusia praaksara
D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik
diharapkan mampu:
1.         menganalisis jenis dan ciri-ciri manusia praaksara
2.         mengklasifikasi jenis manusia praaksara

E.     Materi Pembelajaran
1.      jenis dan ciri-ciri manusia praaksara
2.      klasifikasi jenis manusia praaksara
F.     Strategi/Metode/pendekatan pembelajaran
a.       Model       : Pembelajaran scientific
b.      Metode     : Ceramah, diskusi Tanya jawab dan penugasan
c.       Pendekatan : Kontekstual

G.    Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.      Kelas dipersiapkan agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.       Peserta didik ditanya tentang tugas minggu yang lalu
3.      Guru menyampaikan topik tentang ““Jenis manusia zaman praaksara” dan memberi motivasi pentingnya topik ini
4.      Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik.
5.      Peserta didik dibagi menjadi enam kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, dan VI)
30 menit
Inti
1) Peserta didik dipaparkan secara singkat jenis manusia purba seperti jenis Meganthropus, jenis Pithecanthropus dan jenis Homo.
2) Setiap kelompok ditugaskan untuk melakukan kajian tentang jenis manusia praaksara, bagaimana karakter dan ciri masingmasing jenis, kemudian mengklasifikasikannya. Sumber berasal dari buku teks pelajaran dan buku-buku lain yang ada di perpustakaan. Penelusuran dilakukan dalam waktu 30 menit. Peserta didik diberikan pertanyaan-pertanyaan dengan masalah yang dikaji.
3) Peserta didik ditunjuk secara acak untuk mempresentasikan hasil kajiannya.
45 menit
Penutup
1.      Peserta didik diberikan ulasan singkat tentang materi yang baru saja didiskusikan
2.      Peserta didik dapat ditanyakan apakah sudah memahami materi tersebut.
3.      Peserta didik diberikan pertanyaan lisan secara acak untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran minggu ini dan minggu sebelumnya dengan mengacu pada pertanyaan uji kompetensi sebelumnya;
4.      Sebagai refleksi guru memberikan kesimpulan tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan kepada peserta didik apa manfaat yang dapat kita peroleh setelah belajar topik ini
15 menit

H.    Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.       Tes
-          Uraian
Peserta didik diberikan beberapa pertanyaan untuk melihat penguasaan materi yang dicapai
1.         Sebutkan ciri – ciri pithecantropus erectus!
2.         Sebutkan jenis – jenis manusia purba yng ditemukan di wilayah Indonesia!

b.      Non Tes
1.   Penilaian melalui pengamatan terutama tentang aktivitas peserta didik, kemampuan
menyampaikan pendapat, dan dan kerjasama kelompok
Lembar Pengamatan
a.       Kegiatan Diskusi

No.
Nama Siswa
Aspek pengamatan
Jumlah skor
Nilai
Ket.
Kerjasama
Mengkomunikasikan pendapt
Tolelaransi
Keaktifan
Menghargai Pendapat Teman














































Keterangan Skor:

Masing – masing kolom diisi dengan pilihan criteria
4          =  baik sekali
3          =  baik
2          =  cukup
1          =  kurang

Nilai

Kriteria Nilai
A         = 80 – 10         ; Baik sekali
B         = 70 – 79         : Baik
C         = 60 – 69         : Cukup
D         =   < 60            : Kurang


b.      Penilaian Pesentasi
No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah Skor
Nilai
Ket


Komunikasi
Sistematika penyaian
Wawasan
Keberanian
Antusias
Penampilan


























































Keterangan Skor:

Masing – masing kolom diisi dengan pilihan criteria
4          =  baik sekali
3          =  baik
2          =  cukup
1          =  kurang

Nilai

Kriteria Nilai
A         = 80 – 10         ; Baik sekali
B         = 70 – 79         : Baik
C         = 60 – 69         : Cukup
D         =   < 60            : Kurang


2.   Peserta didik  diberikan nilai dan komentar

I.       Sumber/Media Pembelajaran
a.       Sumber      : Buku paket siswa kls X
  Buku Sejarah kls X Penerbit ERLANGGA

b.      Media        : Gambar fosil  fosil manusia purba
  Power point



Mengetahui,                                                                      San Jose,    Juli 2013
Kepala SMK Negeri 1 San Jose                                       Guru Mata Pelajaran,



Josep Ibagaza                                                                  Daniel alfonso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar