RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
SMK Negeri 1 San Jose
Mata
Pelajaran : Sejarah
Tema : Klasifikasi Jenis Manusia Praaksara
Pertemuan ke- : 4
Alokasi
Waktu :
2 x 45 menit
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
dasar
1.1. Menghayati keteladanan
para pemimpin dalam toleransi antarumat beragama dan mengamalkannya dalam
kehidupan sehari-hari
2.1. Menunjukkan sikap tanggung jawab,
peduli terhadap berbagai hasil budaya pada masa praaksara, Hindu-Buddha dan
Islam
2.3. Berlaku jujur dan
bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.5. Memahami
corak kehidupan masyarakat pada zaman
praaksara
4.2.
Menyajikan hasil penalaran mengenai
corak kehidupan masyarakat pada
zaman praaksara dalam bentuk tulisan
C. Indikator
1. Menunjukan keteladanan para pemimpin
dalam toleransi antarumat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan
sehari-hari
2. Mewujudkan
sikap jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari
pembelajaran sejarah
3. Menganalisis
jenis manusia Praaksara
4. menganalisis
ciri-ciri manusia praaksara
5. mengklasifikasi
jenis manusia praaksara
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik
diharapkan
mampu:
1.
menganalisis jenis dan ciri-ciri manusia
praaksara
2.
mengklasifikasi jenis manusia praaksara
E. Materi
Pembelajaran
1.
jenis dan ciri-ciri manusia praaksara
2.
klasifikasi jenis
manusia praaksara
F. Strategi/Metode/pendekatan
pembelajaran
a.
Model : Pembelajaran scientific
b.
Metode : Ceramah, diskusi Tanya jawab dan
penugasan
c.
Pendekatan :
Kontekstual
G. Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Kelas dipersiapkan agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar (kerapian dan kebersihan
ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat
serta buku yang diperlukan).
2. Peserta didik ditanya tentang
tugas minggu
yang lalu
3. Guru menyampaikan topik tentang ““Jenis manusia zaman praaksara” dan memberi motivasi
pentingnya topik ini
4. Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi yang
harus dikuasai para peserta didik.
5. Peserta didik dibagi menjadi enam kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, dan VI)
|
30 menit
|
Inti
|
1) Peserta didik dipaparkan secara singkat jenis manusia purba seperti
jenis Meganthropus, jenis Pithecanthropus dan jenis Homo.
2) Setiap kelompok ditugaskan untuk melakukan kajian tentang jenis
manusia praaksara, bagaimana karakter dan ciri masingmasing jenis, kemudian
mengklasifikasikannya. Sumber berasal dari buku teks pelajaran dan buku-buku
lain yang ada di perpustakaan. Penelusuran dilakukan dalam waktu 30 menit.
Peserta didik diberikan pertanyaan-pertanyaan dengan masalah yang dikaji.
3) Peserta didik ditunjuk secara acak untuk mempresentasikan hasil
kajiannya.
|
45 menit
|
Penutup
|
1. Peserta didik diberikan ulasan singkat tentang materi yang baru saja
didiskusikan
2. Peserta didik dapat ditanyakan apakah sudah memahami materi tersebut.
3. Peserta didik diberikan pertanyaan lisan secara acak untuk mendapatkan
umpan balik atas pembelajaran minggu ini dan minggu sebelumnya dengan mengacu
pada pertanyaan uji kompetensi sebelumnya;
4. Sebagai refleksi guru memberikan kesimpulan tentang pelajaran yang
baru saja berlangsung serta menanyakan kepada peserta didik apa manfaat yang
dapat kita peroleh setelah belajar topik ini
|
15 menit
|
H. Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
a. Tes
-
Uraian
Peserta
didik diberikan beberapa pertanyaan untuk melihat penguasaan materi yang
dicapai
1.
Sebutkan ciri
– ciri pithecantropus erectus!
2.
Sebutkan jenis – jenis manusia purba yng
ditemukan di wilayah Indonesia!
b.
Non Tes
1.
Penilaian melalui
pengamatan terutama tentang aktivitas peserta didik, kemampuan
menyampaikan
pendapat, dan dan kerjasama kelompok
Lembar
Pengamatan
a.
Kegiatan Diskusi
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek pengamatan
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Kerjasama
|
Mengkomunikasikan
pendapt
|
Tolelaransi
|
Keaktifan
|
Menghargai
Pendapat Teman
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
Masing – masing
kolom diisi dengan pilihan criteria
4 =
baik sekali
3 =
baik
2 =
cukup
1 =
kurang
Nilai![](file:///C:\Users\DANAID~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
![](file:///C:\Users\DANAID~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
Kriteria Nilai
A = 80 – 10 ; Baik sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60 – 69 : Cukup
D =
< 60 : Kurang
b.
Penilaian
Pesentasi
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ket
|
|||||
|
|
Komunikasi
|
Sistematika penyaian
|
Wawasan
|
Keberanian
|
Antusias
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
Masing – masing
kolom diisi dengan pilihan criteria
4 =
baik sekali
3 =
baik
2 =
cukup
1 =
kurang
Nilai![](file:///C:\Users\DANAID~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
![](file:///C:\Users\DANAID~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
Kriteria Nilai
A = 80 – 10 ; Baik sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60 – 69 : Cukup
D =
< 60 : Kurang
2. Peserta didik
diberikan nilai dan komentar
I. Sumber/Media
Pembelajaran
a.
Sumber : Buku paket siswa kls X
Buku Sejarah
kls X Penerbit ERLANGGA
b.
Media : Gambar fosil fosil manusia purba
Power point
Mengetahui, San
Jose, Juli 2013
Kepala
SMK Negeri 1 San Jose Guru
Mata Pelajaran,
Josep Ibagaza Daniel
alfonso
Tidak ada komentar:
Posting Komentar