RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
SMA Negeri 1 Kadipaten
Mata
Pelajaran : Sejarah
Tema : Pola Hunian Manusia Zaman Praaksara
Pertemuan ke- : 7
Alokasi
Waktu :
2 x 45 menit
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
dasar
1.1. Menghayati keteladanan
para pemimpin dalam toleransi antarumat beragama dan mengamalkannya dalam
kehidupan sehari-hari
2.1. Menunjukkan sikap tanggung jawab,
peduli terhadap berbagai hasil budaya pada masa praaksara, Hindu-Buddha dan
Islam
2.3. Berlaku jujur dan
bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.4.
Menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk
yang berada di lingkungan terdekat
4.4.
Menalar informasi mengenai hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang
berada di lingkungan terdekat dan
menyajikannya dalam bentuk tertulis
C. Indikator
1. Menunjukan
keteladanan para pemimpin dalam toleransi antarumat beragama dan mengamalkannya
dalam kehidupan sehari-hari
2. Mewujudkan
sikap jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari
pembelajaran sejarah
3. menjelaskan
pola hunian manusia praaksara
4. menganalisis
keterkaitan antara pola hunian dengan mata pencarian manusia praaksara.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik
diharapkan
mampu:
1.
menjelaskan pola hunian manusia
praaksara
2.
menganalisis keterkaitan antara pola
hunian dengan mata pencarian manusia praaksara.
E. Materi
Pembelajaran
1.
pola hunian manusia praaksara
2.
keterkaitan antara pola hunian dengan
mata pencarian manusia praaksara.
F. Strategi/Metode/pendekatan
pembelajaran
a.
Model : Pembelajaran scientific
b.
Metode : Ceramah, diskusi Tanya jawab dan
penugasan
c.
Pendekatan :
Kontekstual
G. Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Kelas dipersiapkan agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar
(kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat
serta buku yang diperlukan).
2. Peserta didik ditanya tugas minggu lalu tentang persebaran kapak
lonjong dan kapak persegi yang juga ada kaitannya dengan mata pencaharian
manusia praaksara.
3. Guru menyampaikan topik tentang “Pola hunian manusia praaksara” dan
memberi motivasi pentingnya topik ini.
4. Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai para
peserta didik. Guru perlu menekankan bahwa pembelajaran ini lebih pada
pemaknaan bukan hafalan
|
30 menit
|
Inti
|
1. Peserta didik dijelaskan tentang pola hunian manusia zaman praaksara.
Pada mulanya mereka tinggal di tempat terbuka umumnya di tepi sungai. Peserta
didik juga dijelaskan mengapa mereka banyak tinggal di tepi sungai. Kaitannya
di tempat terbuka ini juga ada yang tinggal di tepi pantai. Peserta didik
diminta guru untuk menunjukkan buktinya. Dalam perkembangannya ada yang
tinggal di gua-gua. Fase ini merupakan masa transisi sebelum mereka bertempat
tinggal tetap. Selain itu peserta didik juga dijelaskan kaitan antara pola
hunian dengan mata pencaharian manusia praaksara ini.
2. Peserta didik kemudian diberikan lembar/kartu kuis.
3. Peserta didik diminta secara individual untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan soal uji kompetensi
4. Peserta didik diberikan nilai oleh guru
|
45 menit
|
Penutup
|
1. Peserta didik diberikan ulasan singkat tentang kegiatan pembelajaran dan
hasil belajarnya.
2. Peserta didik dapat ditanya apakah sudah memahami materi tersebut.
3. Sebagai refleksi guru memberikan kesimpulan tentang pelajaran yang
baru saja berlangsung serta menanyakan kepada peserta didik apa manfaat yang
dapat kita peroleh setelah belajar topic ini.
|
15 menit
|
H. Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
a. Tes
-
Uraian
Peserta
didik diberikan beberapa pertanyaan untuk melihat penguasaan materi yang
dicapai
1.
Jelaskan pola hunian manusia
praaksara
2.
Jelaskan keterkaitan antara pola
hunian dengan mata pencarian manusia praaksara.
b.
Non Tes
1.
Penilaian
melalui pengamatan terutama tentang aktivitas peserta didik, kemampuan
menyampaikan
pendapat, dan dan kerjasama kelompok
Lembar
Pengamatan
a.
Kegiatan Diskusi
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek pengamatan
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Kerjasama
|
Mengkomunikasikan
pendapt
|
Tolelaransi
|
Keaktifan
|
Menghargai
Pendapat Teman
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
Masing – masing
kolom diisi dengan pilihan criteria
4 =
baik sekali
3 =
baik
2 =
cukup
1 =
kurang
Nilai
Kriteria Nilai
A = 80 – 10 ; Baik sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60 – 69 : Cukup
D =
< 60 : Kurang
b.
Penilaian
Pesentasi
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ket
|
|||||
|
|
Komunikasi
|
Sistematika penyaian
|
Wawasan
|
Keberanian
|
Antusias
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
Masing – masing
kolom diisi dengan pilihan criteria
4 =
baik sekali
3 =
baik
2 =
cukup
1 =
kurang
Nilai
Kriteria Nilai
A = 80 – 10 ; Baik sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60 – 69 : Cukup
D =
< 60 : Kurang
2. Peserta didik
diberikan nilai dan komentar
I. Sumber/Media
Pembelajaran
a.
Sumber : Buku paket siswa kls X
Buku Sejarah
kls X Penerbit ERLANGGA
b.
Media : Gambar Hunian Manusia Purba
Power point
Internet
Mengetahui, Kadipaten, Juli 2014
Kepala
SMA Negeri 1 Kadipaten Guru
Mata Pelajaran,
Drs. H. WAHYUDDIN, M.MPd. DANA IDANG HADIANA, S.Pd.
NIP.196570912 198203 1 013 NIP. 19730313 200701 1 008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar