RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
SMK Negeri 1 Kadiapten
Mata
Pelajaran : Sejarah
Tema : Pembabakan Waktu Zaman Teknologi Bebatuan
Pertemuan ke- : 5
Alokasi
Waktu :
2 x 45 menit
A. Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi dasar
1.1. Menghayati keteladanan para pemimpin dalam
toleransi antarumat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.1. Menunjukkan sikap tanggung jawab,
peduli terhadap berbagai hasil budaya pada masa praaksara, Hindu-Buddha dan
Islam
2.3. Berlaku
jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran
sejarah
3.4.
Menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk
yang berada di lingkungan terdekat
4.4.
Menalar informasi mengenai hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang
berada di lingkungan terdekat dan
menyajikannya dalam bentuk tertulis
C.
Indikator
1. Menunjukan keteladanan para pemimpin
dalam toleransi antarumat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan
sehari-hari
2. Mewujudkan
sikap jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari
pembelajaran sejarah
3. menganalisis
pembabakan waktu zaman teknologi bebatuan
4. menganalisis
hasil-hasil kebudayaan zaman paleolitikum
5. menganalisis
perkembangan teknologi bebatuan zaman mesolitikum
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik
diharapkan
mampu:
1. menganalisis
pembabakan waktu zaman teknologi bebatuan
2. menganalisis
hasil-hasil kebudayaan zaman paleolitikum
3. menganalisis
perkembangan teknologi bebatuan zaman mesolitikum
E. Materi
Pembelajaran
1.
pembabakan waktu zaman teknologi
bebatuan
2.
hasil-hasil kebudayaan zaman
paleolitikum
3.
perkembangan teknologi bebatuan zaman
mesolitikum
F. Strategi/Metode/pendekatan
pembelajaran
a.
Model : Pembelajaran scientific
b.
Metode : Ceramah, diskusi Tanya jawab dan
penugasan
c.
Pendekatan :
Kontekstual
G. Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Kelas dipersiapkan agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar
(kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat
serta buku yang diperlukan).
2. Sebagai apersepsi peserta didik ditunjukkan gambar peralatan dari
batu. Gambar apakah ini? alat ini sampai sekarang masih banyak kita temukan
di rumah tangga di Indonesia. Alat ini sering disebut dengan cobek, alat
untuk menghaluskan rempah-rempah, menghaluskan bumbu masak atau tempat
membuat sambal. Alat bebatuan ini sudah dikenal ribuan tahun yang lalu. Nah,
kali ini kita akan mengkaji tentang “Perkembangan teknologi bebatuan sampai
dengan masa mesolitikum”.
3. Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai para
peserta didik. Guru menekankan pelajaran ini lebih pada pemaknaan dan
penerapan, bukan hafalan.
4. Peserta didik dibagi menjadi enam kelompok (kelompok I, II, III, IV,
V, dan VI).
|
30 menit
|
Inti
|
1. Peserta didik dijelaskan tentang perkembangan kebudayaan atau
teknologi bebatuan sejak dari zaman Paleolitikum dengan kebudayaan Pacitan
dan kebudayaan Ngandong sampai perkembangan kebudayaan Mesolitikum dengan
kebudayaan Kjokkenmoddinger dan kebudayaan Abris sous roche.
2. Peserta didik ditugaskan untuk berdiskusi dan menjawab pertanyaan
berikut.
a) Apa makna paleolitikum?
b) Hasil kebudayaan zaman praaksara bersifat trial and eror, apa
maksudnya?
c) Beberapa jenis kapak yang ditemukan dalam Kebudayaan Pacitan
misalnya kapak ….
d) Jelaskan tentang Kebudayaan Kjokkenmoddinger ....
e). Jelaskan tentang Kebudayaan Abris sous roche ....
3. Peserta didik diperintahkan untuk kembali ke tempat duduk
masing-masing setelah bekerja di kelompok. Guru kemudian membagikan kertas
kerja/kartu kuis.
4. Peserta didik diperintahkan untuk bekerja secara individual menjawab
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kuis. Pertanyaanpertanyaan pada kuis itu
sama dengan pertanyaan yang diajukan dalam kelompok.
|
45 menit
|
Penutup
|
1. Peserta didik diberikan ulasan singkat tentang kegiatan pembelajaran
dan hasil belajarnya.
2. Peserta didik dapat ditanyakan apakah sudah memahami materi tersebut.
3. Peserta didik diberikan pertanyaan lisan secara acak untuk mendapatkan
umpan balik atas pembelajaran yang baru saja dilakukan, misalnya kebudayaan
yang berkembang di gua-gua itu terkenal dengan sebutan apa?
4. Sebagai refleksi guru memberikan kesimpulan tentang pelajaran yang
baru saja berlangsung serta menanyakan kepada peserta didik apa manfaat yang
dapat kita peroleh setelah belajar topik ini.
|
15 menit
|
H. Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
a. Tes
-
Uraian
Peserta
didik diberikan beberapa pertanyaan untuk melihat penguasaan materi yang
dicapai
1.
Sebutkan pembabakan
zaman teknologi bebatuan!
2.
Sebutkan hasil hasi kebudayaan zaman palaeolitikum!
3.
Jelaskan perkembangan teknologi zaman
mesolitikum!
b.
Non Tes
1.
Penilaian
melalui pengamatan terutama tentang aktivitas peserta didik, kemampuan
menyampaikan pendapat,
dan dan kerjasama kelompok
Lembar
Pengamatan
a.
Kegiatan Diskusi
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek pengamatan
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Kerjasama
|
Mengkomunikasikan
pendapt
|
Tolelaransi
|
Keaktifan
|
Menghargai
Pendapat Teman
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
Masing – masing
kolom diisi dengan pilihan criteria
4 =
baik sekali
3 =
baik
2 =
cukup
1 =
kurang
Nilai![](file:///C:\Users\DANAID~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
![](file:///C:\Users\DANAID~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
Kriteria Nilai
A = 80 – 10 ; Baik sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60 – 69 : Cukup
D =
< 60 : Kurang
b.
Penilaian
Pesentasi
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ket
|
|||||
|
|
Komunikasi
|
Sistematika penyaian
|
Wawasan
|
Keberanian
|
Antusias
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
Masing – masing
kolom diisi dengan pilihan criteria
4 =
baik sekali
3 =
baik
2 =
cukup
1 =
kurang
Nilai![](file:///C:\Users\DANAID~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
![](file:///C:\Users\DANAID~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
Kriteria Nilai
A = 80 – 10 ; Baik sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60 – 69 : Cukup
D =
< 60 : Kurang
2. Peserta didik
diberikan nilai dan komentar
I. Sumber/Media
Pembelajaran
a.
Sumber : Buku paket siswa kls x,
Buku Sejarah
kls X Penerbit ERLANGGA
b.
Media : Gambar Alat – alat rumah tangga terbuatdari
batu
Power point
Intenet
Mengetahui, Kadiapten, Juli 2020
Kepala
SMK Negeri 1 Kadiapten Guru
Mata Pelajaran,
Antonio Benarivo Dana
Idang Hadiana
NIP.
19730313 200701 1 008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar