RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan :
SMA Negeri 1 Kadipaten
Mata
Pelajaran : Sejarah Indonesia
Tema : Terbentuknya Kepuauan Indonesia
Pertemuan ke- : 2
Alokasi
Waktu :
2 x 45 menit
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
dasar
1.1.
Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antarumat beragama dan
mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.3. Berlaku jujur dan
bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.1. Memahami corak kehidupan
masyarakat pada zaman praaksara
C. Indikator
1. Menunjukan
keteladanan para pemimpin dalam toleransi antarumat beragama dan mengamalkannya
dalam kehidupan sehari-hari
2.
Mewujudkan sikap jujur dan
bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3. Menjelaskan
proses alam terjadinya kepulauan Indonesia;
4. menganalisis
pembabakan waktu zaman praaksara;
5. mengambil
hikmah tentang letak dan kondisi geologis kepulauan Indonesia dan meningkatkan
rasa syukur terhadap kekayaan alam di kepulauan Indonesia.
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik
diharapkan
mampu:
1.
menjelaskan proses alam terjadinya
kepulauan Indonesia;
2.
menganalisis pembabakan waktu zaman
praaksara;
3.
mengambil hikmah tentang letak dan
kondisi geologis kepulauan Indonesia dan meningkatkan rasa syukur terhadap
kekayaan alam di kepulauan Indonesia.
E. Materi
Pembelajaran
1.
Proses alam terjadinya kepulauan Indonesia;
2.
Pembabakan waktu zaman praaksara;
3.
Hikmah tentang letak dan
kondisi geologis kepulauan Indonesia dan meningkatkan rasa syukur terhadap
kekayaan alam di kepulauan Indonesia.
F. Strategi/Metode/pendekatan
pembelajaran
a.
Model : Pembelajaran scientific
b.
Metode : Ceramah, diskusi Tanya jawab dan
penugasan
c.
Pendekatan :
Kontekstual
G. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (absensi, kebersihan, kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2. Guru menyampaikan topik tentang proses terjadinya Kepulauan Indonesia. Pembahasan dapat dimulai dengan mengajukan pernyataan dan pertanyaan sebagai apersepsi. Indonesia merupakan negara dengan kekayaan flora dan fauna yang sangat tinggi. Menurut Prof C.C.G.J. Van Steenis, seorang ahli biologi dari Belanda dalam buku Flora Pegunungan Jawa, mengatakan bahwa di Indonesia terdapat ± 4.000 jenis pohon-pohonan, 1.500 jenis pakis-pakisan, dan 5.000 jenis anggrek. Ia membagi pula tumbuhan-tumbuhan ini dalam tumbuh-tumbuhan berbunga sebanyak ± 25.000 macam dan tumbuhan yang tidak berbunga ± 1.750 macam. Keragaman flora disebabkan oleh kondisi geografis yang dikelilingi banyak gunung api. Kekayaan alam dan kondisi geografis ini telah mendorong 32 Buku Guru Kelas X
lahirnya penelitian dari bangsa-bangsa lain. Adalah
Alfred
Russel Wallace yang mengungkapkan teorinya bahwa ada
satu
garis maya yang memisahkan Kepulauan Indonesia
bagian
timur dan bagian barat. Perbedaan flora dan fauna yang
ada
karena mengikuti perubahan permukaan bumi di masa
lampau.
Terjadinya penurunan permukaan laut dari masa Pliosen hingga akhir masa Pleistosen telah membagi wilayah Kepulauan Indonesia menjadi tiga bagian, yaitu Paparan Sunda di bagian barat, Paparan Sahul di bagian timur, dan daerah kepulauan di antara Paparan Sunda dan Paparan Sahul. Zona itulah kemudian dikenal dengan wilayah Wallacea. Zona itu pertama dikenalkan oleh Alfred Russel Wallace tahun 1863.
3. Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4. Peserta didik dibagi menjadi enam kelompok (kelompok I, II, III,IV, V,
dan VI).
|
30 menit
|
Inti
|
Peserta didik berkumpul di kelompok masing-masing
1. Peserta didik ditugaskan:
a) kelompok I dan II mendiskusikan dan membuat rumusan tentang proses terjadinya Kepulauan Indonesia
b) kelompok III dan IV mendiskusikan dan membuat rumusan tentang pembabakan waktu zaman praaksara
c) kelompok V dan VI mendiskusikan dan merumuskan tentang hikamah bagi penduduk yang hidup di lingkungan geografis dan geologis Kepulauan Indonesia yang rentan terjadinya gempa.
2. Setelah kira-kira 20 menit diskusi kelompok diakhiri, guru kemudian meminta peserta didik mempresentasikan hasil rumusan masing-masing sesuai masalah yang didiskusikan.
Mengingat waktu yang terbatas dan ada dua kelompok
yang
mendiskusikan masalah yang sama maka guru menunjuk
hanya
satu kelompok untuk setiap masalah. Misalnya
ditunjuk kelompok
I, III, dan VI.
Sejarah Indonesia 33
3. Pada saat satu kelompok
presentasi, kelompok lain dapat mengajukan
ertanyaan, memberi masukan dan begitu seterusnya.
|
45 menit
|
Penutup
|
1. Pembelajaran minggu ke-2 ini ditutup dengan memberikan komentar dan kesimpulan tentang materi yang baru saja didiskusikan.
2. Guru menanyakan apakah peserta didik sudah memahami materi yang telah diskusikan.
3. Peserta didik diberikan pertanyaan lisan secara acak untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran minggu ini, misalnya:
a) Apa yang dimaksud dengan Paleosoikum?
b) Sebutkan beberapa contoh fauna di Kepulauan Indonesia?
4. Sebagai refleksi pada bagian akhir pelajaran ini, peserta didik diberikan tugas rumah untuk merumuskan sikap dan tindakan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kekayaan flora dan fauna di Indonesia. Tugas bias mengacu pada soal uji kompetensi di buku teks pelajaran Sejarah Indonesia halaman 14.
|
15 menit
|
H. Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
a. Tes
-
Uraian
Peserta
didik diberikan beberapa pertanyaan untuk melihat penguasaan materi yang
dicapai
1. Bagaimana secara
metodologi kita dapat mengetahui zaman praaksara?
Jelaskan pendapat kamu!
2. Jelaskan
proses alam terjadinya kepulauan Indonesia!
3. Hikmah
apa yang kita dapat dengan bertempat tinggal di wilayah yang sering
Terjadi
bencana alam? Jelaskan!
b.
Non Tes
1.
Penilaian
melalui pengamatan terutama tentang aktivitas peserta didik, kemampuan
menyampaikan
pendapat, dan dan kerjasama kelompok
Lembar
Pengamatan
a.
Kegiatan Diskusi
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek pengamatan
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Kerjasama
|
Mengkomunikasikan
pendapt
|
Tolelaransi
|
Keaktifan
|
Menghargai
Pendapat Teman
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
Masing – masing
kolom diisi dengan pilihan criteria
4 =
baik sekali
3 =
baik
2 =
cukup
1 =
kurang
Nilai![](file:///C:\Users\DANAID~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
![](file:///C:\Users\DANAID~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
Kriteria Nilai
A = 80 – 10 ; Baik sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60 – 69 : Cukup
D =
< 60 : Kurang
b.
Penilaian
Pesentasi
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ket
|
|||||
|
|
Komunikasi
|
Sistematika penyaian
|
Wawasan
|
Keberanian
|
Antusias
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
Masing – masing
kolom diisi dengan pilihan criteria
4 =
baik sekali
3 =
baik
2 =
cukup
1 =
kurang
Nilai![](file:///C:\Users\DANAID~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
![](file:///C:\Users\DANAID~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
Kriteria Nilai
A = 80 – 10 ; Baik sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60 – 69 : Cukup
D =
< 60 : Kurang
2. Peserta didik
diberikan nilai dan komentar
I. Sumber/Media
Pembelajaran
a.
Sumber : Buku paket siswa kls X,
Buku Sejarah
kls X Penerbit ERLANGGA
b.
Media : Gambar Lapisan Bumi mulai dari inti
sampai bagian kerak bumi
Power point
Mengetahui, Kadiapten, Juli 2014
Kepala
SMK N 1 Kadipaten Guru
Mata Pelajaran,
John Quincy Adam d@niel
alfonso
Tidak ada komentar:
Posting Komentar