Senin, 11 Mei 2015

RPP Sejarah Indonesia SMK Kurtilas



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 1 Kadipaten
Mata Pelajaran            : Sejarah Indonesia
Tema                           : Terbentuknya Kepuauan Indonesia
Pertemuan ke-             : 2
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda  sesuai kaidah   keilmuan

B.     Kompetensi dasar
1.1. Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antarumat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.3. Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.1. Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara

C.    Indikator
1.      Menunjukan keteladanan para pemimpin dalam toleransi antarumat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.      Mewujudkan sikap jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.      Menjelaskan proses alam terjadinya kepulauan Indonesia;
4.      menganalisis pembabakan waktu zaman praaksara;
5.      mengambil hikmah tentang letak dan kondisi geologis kepulauan Indonesia dan meningkatkan rasa syukur terhadap kekayaan alam di kepulauan Indonesia.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik
diharapkan mampu:
1.         menjelaskan proses alam terjadinya kepulauan Indonesia;
2.         menganalisis pembabakan waktu zaman praaksara;
3.         mengambil hikmah tentang letak dan kondisi geologis kepulauan Indonesia dan meningkatkan rasa syukur terhadap kekayaan alam di kepulauan Indonesia.

E.     Materi Pembelajaran
1.         Proses alam terjadinya kepulauan Indonesia;
2.         Pembabakan waktu zaman praaksara;
3.         Hikmah tentang letak dan kondisi geologis kepulauan Indonesia dan meningkatkan rasa syukur terhadap kekayaan alam di kepulauan Indonesia.

F.     Strategi/Metode/pendekatan pembelajaran
a.       Model       : Pembelajaran scientific
b.      Metode     : Ceramah, diskusi Tanya jawab dan penugasan
c.       Pendekatan : Kontekstual

G.    Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.      Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (absensi, kebersihan, kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.      Guru menyampaikan topik tentang proses terjadinya Kepulauan Indonesia. Pembahasan dapat dimulai dengan mengajukan pernyataan dan pertanyaan sebagai apersepsi. Indonesia merupakan negara dengan kekayaan flora dan fauna yang sangat tinggi. Menurut Prof C.C.G.J. Van Steenis, seorang ahli biologi dari Belanda dalam buku Flora Pegunungan Jawa, mengatakan bahwa di Indonesia terdapat ± 4.000 jenis pohon-pohonan, 1.500 jenis pakis-pakisan, dan 5.000 jenis anggrek. Ia membagi pula tumbuhan-tumbuhan ini dalam tumbuh-tumbuhan berbunga sebanyak ± 25.000 macam dan tumbuhan yang tidak berbunga ± 1.750 macam. Keragaman flora disebabkan oleh kondisi geografis yang dikelilingi banyak gunung api. Kekayaan alam dan kondisi geografis ini telah mendorong 32 Buku Guru Kelas X   lahirnya penelitian dari bangsa-bangsa lain. Adalah Alfred Russel Wallace yang mengungkapkan teorinya bahwa ada satu garis maya yang memisahkan Kepulauan Indonesia bagian timur dan bagian barat. Perbedaan flora dan fauna yang ada karena mengikuti perubahan permukaan bumi di masa lampau. Terjadinya penurunan permukaan laut dari masa Pliosen hingga akhir masa Pleistosen telah membagi wilayah Kepulauan Indonesia menjadi tiga bagian, yaitu Paparan Sunda di bagian barat, Paparan Sahul di bagian timur, dan daerah kepulauan di antara Paparan Sunda dan Paparan Sahul. Zona itulah kemudian dikenal dengan wilayah Wallacea. Zona itu pertama dikenalkan oleh Alfred Russel Wallace tahun 1863.
3.      Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4.      Peserta didik dibagi menjadi enam kelompok (kelompok I, II, III,IV, V, dan VI).

30 menit
Inti
Peserta didik berkumpul di kelompok masing-masing
1.       Peserta didik ditugaskan:
a) kelompok I dan II mendiskusikan dan membuat rumusan tentang proses terjadinya Kepulauan Indonesia
b) kelompok III dan IV mendiskusikan dan membuat rumusan tentang pembabakan waktu zaman praaksara
c) kelompok V dan VI mendiskusikan dan merumuskan tentang hikamah bagi penduduk yang hidup di lingkungan geografis dan geologis Kepulauan Indonesia yang rentan terjadinya gempa.
2.      Setelah kira-kira 20 menit diskusi kelompok diakhiri, guru kemudian meminta peserta didik mempresentasikan hasil rumusan masing-masing sesuai masalah yang didiskusikan. Mengingat waktu yang terbatas dan ada dua kelompok yang mendiskusikan masalah yang sama maka guru menunjuk hanya satu kelompok untuk setiap masalah. Misalnya ditunjuk kelompok
I, III, dan VI. Sejarah Indonesia 33
3.       Pada saat satu kelompok presentasi, kelompok lain dapat mengajukan ertanyaan, memberi masukan dan begitu seterusnya.

45 menit
Penutup
1.      Pembelajaran minggu ke-2 ini ditutup dengan memberikan komentar dan kesimpulan tentang materi yang baru saja didiskusikan.
2.      Guru menanyakan apakah peserta didik sudah memahami materi yang telah diskusikan.
3.      Peserta didik diberikan pertanyaan lisan secara acak untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran minggu ini, misalnya:
a) Apa yang dimaksud dengan Paleosoikum?
b) Sebutkan beberapa contoh fauna di Kepulauan Indonesia?
4.      Sebagai refleksi pada bagian akhir pelajaran ini, peserta didik diberikan tugas rumah untuk merumuskan sikap dan tindakan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kekayaan flora dan fauna di Indonesia. Tugas bias mengacu pada soal uji kompetensi di buku teks pelajaran Sejarah Indonesia halaman 14.
15 menit


H.    Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.       Tes
-          Uraian
Peserta didik diberikan beberapa pertanyaan untuk melihat penguasaan materi yang dicapai
1.      Bagaimana secara metodologi kita dapat mengetahui zaman praaksara? Jelaskan pendapat kamu!
2.      Jelaskan proses alam terjadinya kepulauan Indonesia!
3.      Hikmah apa yang kita dapat dengan bertempat tinggal di wilayah yang sering
Terjadi bencana alam? Jelaskan!

b.      Non Tes
1.   Penilaian melalui pengamatan terutama tentang aktivitas peserta didik, kemampuan
menyampaikan pendapat, dan dan kerjasama kelompok
Lembar Pengamatan
a.       Kegiatan Diskusi
No.
Nama Siswa
Aspek pengamatan
Jumlah skor
Nilai
Ket.
Kerjasama
Mengkomunikasikan pendapt
Tolelaransi
Keaktifan
Menghargai Pendapat Teman











































Keterangan Skor:

Masing – masing kolom diisi dengan pilihan criteria
4          =  baik sekali
3          =  baik
2          =  cukup
1          =  kurang

Nilai

                      
Kriteria Nilai
A         = 80 – 10         ; Baik sekali
B         = 70 – 79         : Baik
C         = 60 – 69         : Cukup
D         =   < 60            : Kurang

b.      Penilaian Pesentasi
No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah Skor
Nilai
Ket


Komunikasi
Sistematika penyaian
Wawasan
Keberanian
Antusias
Penampilan


























































Keterangan Skor:

Masing – masing kolom diisi dengan pilihan criteria
4          =  baik sekali
3          =  baik
2          =  cukup
1          =  kurang

Nilai

Kriteria Nilai
A         = 80 – 10         ; Baik sekali
B         = 70 – 79         : Baik
C         = 60 – 69         : Cukup
D         =   < 60            : Kurang


2.   Peserta didik  diberikan nilai dan komentar

I.       Sumber/Media Pembelajaran
a.       Sumber      : Buku paket siswa kls X,
  Buku Sejarah kls X Penerbit ERLANGGA

b.      Media        : Gambar Lapisan Bumi mulai dari inti sampai bagian kerak bumi
  Power point



Mengetahui,                                                                      Kadiapten,    Juli 2014
Kepala SMK N 1 Kadipaten                                            Guru Mata Pelajaran,



John Quincy Adam                                                        d@niel alfonso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar