RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMK Negeri 1 Kadipaten
Mata Pelajaran :
Sejarah
Tema :
Revolusi Kehidupan Zaman Neolitikum
Pertemuan ke- :
6
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama,toleran,damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkanrasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkanpengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan
ajaran agamanya.
1.2 Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi
antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.1 Menunjukkan sikaptanggung jawab, peduli terhadap berbagai
hasil budaya pada zaman pra aksara, Hindu-Buddha dan Islam
2.3 Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan
tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.4 Menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya Praaksara
Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat.
4.4 Menalar informasi mengenai hasil budaya Praaksara
Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat danmenyajikannya dalam
bentuk tertulis.
C.
Indikator pencapaian kompetensi
1.
Menunjukkan
nilai-nilai syukur pada ciptaan Tuhan YME berupa peninggalan hasil budaya
masapraaksara di Indonesia
2.
Menunjukkan
nilai-nilai toleransi antarumat beragama dengan saling menghargai peninggalan hasil
budaya masa praaksara di Indonesia
3.
Menunjukkan
sikap tanggung jawab terhadap peninggalan hasil budaya masa Praaksara
diIndonesia
4.
Menunjukkan
sikap peduli terhadap peninggalan hasil budaya masa praaksara di Indonesia
5.
Menunjukkan
sikap jujur dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
6.
Menunjukkan
sikap tanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
7.
Menganalisis
perkembangan perkembangan kebudayaan zaman neolitikum
8.
Menganalisis
makna revolusi kebudayaan zaman neolitikum
9.
Menganalisis
manusia pendukung kebudayaan neolitikum
D.
Tujuan pembelajaran
Melalui
diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat :
1.
Menunjukkan
sikap tanggung jawab terhadap peninggalan hasil budaya masa praaksara
diIndonesia
2.
Menunjukkan
sikap peduli terhadap peninggalan hasil budaya masa praaksara di Indonesia
3.
Menunjukkan
sikap jujur dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
4.
Menunjukan
sikap tanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
5.
Menganalisis
perkembangan perkembangan kebudayaan zaman neolitikum
6.
Menganalisis
makna revolusi kebudayaan zaman neolitikum
7.
Menganalisis
manusia pendukung kebudayaan neolitikum
8.
Melaporkan
jenis-jenis peninggalan budaya neolitikum secara tertulis
E.
Materi ajar
1.
Nilai-nilai
syukur pada ciptaan Tuhan YME berupa peninggalan hasil budaya masa praaksara di
Indonesia
2.
Sikap
tanggung jawab terhadap peninggalan hasil budaya masa praaksara di Indonesia
3.
Sikap
peduli terhadap peninggalan hasil budaya masa praaksara di Indonesia
4.
Sikap
jujur dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
5.
Sikap
tanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
6.
Perkembangan
perkembangan kebudayaan zaman neolitikum
7.
Makna
revolusi kebudayaan zaman neolitikum
8.
Jenis-jenis
manusia pendukung kebudayaan neolitikum
9.
jenis-jenis
peninggalan budaya neolitikum
F.
Pendekatan,
Strategi dan Metode pembelajaran
Pendekatan :
Saintifik
Strategi :
Cooperative Jigsaw
Metode :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G.
Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1)
Kelas dipersiapkan agar lebih kondusif untuk proses
belajar mengajar(kerapian dan kebersihan ruangkelas,presensi, menyiapkan
media dan alat serta buku yang diperlukan).
2)
Sebagai persepsi peserta didik diajukan pertanyaan
terkait pelajaran mingguke-5 oleh guru:cobasebutkanbeberapa contoh kebudayaan
zaman mesolitikum?
3)
Guru menyampaikan topik tentang “Sebuah Revolusi”
dan guru memberi motivasi pentingnya topik ini.
4)
Peserta didik dapat disampaikan contoh produk dari
sebuah revolusi kebudayaan yang ada pada saatini. Contohnya dalam teknologi
komunikasi ada surat elektronik atau email. Manusia tidaklagi harus
berkirimsurat dalam waktu lama. Guru dapat mencontohkan produk revolusi
kebudayaan lainnya.
5)
Guru menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus
dikuasai para peserta didik. Guru menekankan pelajaran ini lebih pada
pemaknaan dan penerapan, bukan hafalan.
6)
Peserta didik dibagi menjadi enam kelompok
(kelompok I, II, III, IV, V, VI
|
15
|
Inti
|
1)
Peserta didik dijelaskan secara singkat tentang perkembangan
kebudayaan pada zaman neolitikum dan manusia pendukungnya.
2)
Peserta didik diberikan tugas untuk bekerja di kelompok
masing-masing. Guru meminta kelompok I dan III mendiskusikan dan merumuskan tentang
pekembangan hasil-hasil kebudayaan zaman neolitikum.Kelompok II dan IV mendiskusikan
dan merumuskan tentang makna revolusi kebudayaan zaman neolitikum dengan
menunjukkan bukti-buktinya.Kelompok V dan VI mendiskusikan tentang manusia
pendukung kebudayaan neolitikum. Waktu diskusi kelompok30 menit.
3)
Kelompok I dan III diperintahkan untuk mempresentasi
hasil diskusi masing-masing tentang perkembangankebudayaan
zaman neolitikum. Kelompok II dan IV mempresentasikan tentang makna revolusi
kebudayaan zaman neolitikum. Kelompok V dan VI mempresentasikan hasil rumusan
diskusinya tentang manusia pendukung kebudayaan neolitikum
|
60
|
Penutup
|
1)
Peserta didik diberikan ulasan singkat tentang
materi yang baru saja didiskusikan
2)
Peserta didik dapat ditanya apakah sudah memahami materi
tersebut.
3)
Peserta didik diberikan pertanyaan lisan secara acak
untuk mendapatkan umpan balik dari peserta didik,apahasil kebudayaan yang
terkenal zaman neolitikum?
4)
Sebagai releksi guru memberikan kesimpulan tentang
pelajaran yang barusaja berlangsungserta menanyakan kepada peserta didik apa
manfaat yang dapat diperoleh setelah belajar topik ini
|
15
|
H.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Tes
Soal Uraian
1)
Apa yang dimaksud
zaman neolitikum merupakan revolusi kehidupan yang pertama?
2)
Sebutkan alat alat
kehidupan jaman neolitikum
2.
Non
tes
1)
Lembar
pengamatan kerja kelompok
2)
Lembar
pengamatan presentasi
FORMAT
PENILAIAN
Lembar Penilaian Diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat :
……………………………………………………..
PENILAIAN KELOMPOK
NO
|
NAMA KELOMPOK
|
SIKAP/ASPEK YG
DINILAI
|
||
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik
|
Kerjasama kelompok
|
Hasil tugas
|
||
PENILAIAN INDIVIDU
NO
|
NAMA SISWA
|
SIKAP/ASPEK YG DINILAI
|
|||
Berani
mengemukakan pendapat
|
Berani menjawab
pertanyaan
|
Inisiatif
|
Ketelitian
|
||
BLANGKO PENILAIAN PROYEK
No
|
Nama Siswa
|
Kreativitas
|
Kerapian
|
Tampilan
|
Jumlah Nilai
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
dst
|
Pedoman
Penskoran:
KRITERIA PENILAIAN PROSES
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang
|
1
|
I.
Sumber
/Media Pembelajaran Belajar
a. Sumer : Buku paket siswa kls X
Buku Sejarah kls X Penerbit ERLANGGA
b. Media : Gambar kapak lonjong, kapak persegi
Power point
Internet
Mengetahui, Kadiapten, Juli 2013
Kepala SMK Negeri 1 Kadiapten Guru Mata
Pelajaran,
Fabio
Canavarro Dana
Idang Hadiana, S.Pd
NIP.
19730313 200701 1 008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar