Senin, 18 Mei 2015

RPP IPS smk jilid 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah                      : SMK NEGERI 1 KADIPATEN
Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/semester                     :  X/ 1
Program                                 : Semua Bidang Keahlian
Standar Kompetensi           : 1.     Memahami kehidupan sosial manusia.
Kompetensi Dasar               : 1.1. Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
                                                  1.2. Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
Indikator                               :
  1. Menjelaskan pengertian dan syarat terjadinya interaksi sosial
  2. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial
  3. Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial.

Alokasi Waktu               :  2 x 45 menit (2 Pertemuan)

A.        Tujuan Pembelajaran

·         Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.          menjelaskan pengertian dan syarat interaksi sosial
2.          mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong interaksi sosial
3.          menjelaskan status dan peranan individu dalam interaksi sosial
4.          mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi.

·         Karakter siswa yang diharapkan
1.       Rasa ingin tahu
2.       Kreatif
3.       Komunikatif
4.       Kerjasama
5.       Kerja keras
6.       Mandiri
                                     

B.        Materi Pembelajaran

1.    Hakikat Interaksi Sosial
2.    Faktor-Faktor Pendorong Interaksi Sosial
3.    Status, Peranan, dan Hubungan Individu dalam Interaksi Sosial
4.    Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

C.        Metode Pembelajaran

1.     informasi
2.     inquiry
3.     kerja mandiri
4.     diskusi

D.      Langkah-Langkah Pembelajaran


1.       Pertemuan I
No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Aspek Lifeskill yang Dikembangkan
1.
Pendahuluan
a.    Apersepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, mengumpulkan tugas, dan memeriksa kebersihan kelas)
b.    Memotivasi
Guru menjelaskan materi tentang interaksi sosial dalam masyarakat.

c.     Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran tersebut.
10 Menit

-   Disiplin
-   Kerja sama
-   Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
1.       Eksplorasi
·         Siswa menulis pengalaman berinteraksi dengan orang lain atau menceritakan pengalaman berinteraksi sosial dengan teman sebangku.
·         Guru menjelaskan hakikat interaksi sosial dan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
  1. Elaborasi
·       Siswa mengerjakan latihan pada buku halaman 6 dan 8.
·       Siswa mengumpulkan tugasnya untuk dinilai oleh guru.
·       Siswa mendiskusikan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dengan mengerjakan aktivitas pada hal. 9.
  1. Konfirmasi
·       Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa yang lain bisa menanggapi hasil diskusi kelompok.
·       Guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.
60 Menit


-   Kesungguhan
-   Disiplin
-   Uji diri
3.
Kegiatan Akhir
a.     Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang haikat interaksi dan faktor-faktor pendorong interaksi sosial dalam masyarakat. Siswa mencatat beberapa hal yang penting. 
b.     Penugasan
Guru  memberi tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang berikut.   
10 Menit
- Pengendalian diri

2.       Pertemuan II

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Aspek Lifeskill yang Dikembangkan
1.
Pendahuluan
a.     Apersepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental siswa untuk mengikuti pelajaran.
b.     Memotivasi
Guru menjelaskan pentingya status, peranan, dan hubungan individu dalam interaksi sosial.  
10  Menit

2.
Kegiatan Inti
1.       Eksplorasi
·         Siswa mendengar penjelasan guru tentang status dan peranan individu dalam interaksi sosial.
·         Guru mengajak siswa menyebutkan bentuk-bentuk interaksi sosial dalam masyarakat.
  1. Elaborasi
·         Siswa mengerjakan latihan dalam buku halaman 11 dan 18.
·         Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru untuk dinilai.
  1. Konfirmasi
·         Siswa mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 11 dan 19.
·         Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu diskusi secara klasikal.
·         Guru membuat kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
60 Menit

-    Kerja sama
-    Kesungguhan
-    Disiplin
3.
Kegiatan Akhir
a.    Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang status, peranan, dan hubungan individu dalam interaksi sosial.
b.    Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap pekerjaan siswa secara mandiri, dan hasil diskusi kelompok.
c.     Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal evaluasi di hlm 20-22.
10 menit


E.      Sumber pembelajaran:
1.     Buku IPS SMK dan MAK kelas X Erlangga  halaman 1  -  22
2.     Masalah-masalah sosial
3.     Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.       Media
1.     Papan tulis
2.     Lembar soal
3.     Transparan Konsep
4.     Power Point

G.      Penilaian
1.     Mengerjakan latihan-latihan pada buku
2.     Melakukan pengamatan terhadap interaksi sosial dalam masyarakat
3.     Test pilihan ganda dan uraian
4.     Penilaian hasil diskusi

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.

No.
Nama
Aspek Penilaian
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama














Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                                                           Jumlah skor:
A. Tidak Baik       Skor 1                                                    24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik    Skor 2                                                    18—23  = Baik
C. Cukup Baik     Skor 3                                                    12—17  = Cukup
D. Baik                  Skor 4                                                    6—11    = Kurang
E. Sangat Baik     Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                                          Rentang skor : 1-3
1.       Aktivitas dalam kelompok                                                    12-15     = Sangat Baik                     
2.       Tanggung jawab individu                                                      9-11        = Baik   
3.       Pemikiran                                                                                  6-8          = Cukup               
4.       Keberanian berpendapat                                                       3-5          = Kurang              
5.       Keberanian tampil                                                                 


Kadipaten,   Juli 2012

Mengetahui                                                                                                          Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah SMKN 1 Kadipaten                                                                                                              
                                                                                               



Dra. WILLY WILLYAWATI, M.Pd                                                                DANA IDANG HADIANA, S.Pd     
Pembina Tk.1                                                                                                      NIP. 197303132007011008            
NIP. 196903011997022003


Tidak ada komentar:

Posting Komentar