RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : SMK NEGERI 1
KADIPATEN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/semester : X/ 1
Program :
Semua Bidang Keahlian
Standar Kompetensi :
1. Memahami kehidupan sosial manusia.
Kompetensi Dasar :
1.1. Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
1.2. Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi
sosial
Indikator :
- Menjelaskan pengertian dan syarat terjadinya interaksi sosial
- Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (2 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
·
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.
menjelaskan
pengertian dan syarat interaksi sosial
2.
mendeskripsikan
faktor-faktor yang mendorong interaksi sosial
3.
menjelaskan status
dan peranan individu dalam interaksi sosial
4.
mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi.
·
Karakter siswa yang
diharapkan
1.
Rasa ingin tahu
2.
Kreatif
3.
Komunikatif
4.
Kerjasama
5.
Kerja keras
6.
Mandiri
B. Materi Pembelajaran
1.
Hakikat
Interaksi Sosial
2.
Faktor-Faktor
Pendorong Interaksi Sosial
3.
Status,
Peranan, dan Hubungan Individu dalam Interaksi Sosial
4.
Bentuk-Bentuk
Interaksi Sosial
C. Metode Pembelajaran
1.
informasi
2.
inquiry
3.
kerja mandiri
4.
diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan I
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang Dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, mengumpulkan
tugas, dan memeriksa kebersihan kelas)
b. Memotivasi
Guru menjelaskan materi tentang interaksi sosial dalam masyarakat.
c.
Rambu-rambu
belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh
siswa dalam pembelajaran tersebut.
|
10 Menit
|
-
Disiplin
-
Kerja sama
-
Keterampilan
|
2.
|
Kegiatan
Inti
1.
Eksplorasi
·
Siswa menulis
pengalaman berinteraksi dengan orang lain atau menceritakan pengalaman
berinteraksi sosial dengan teman sebangku.
·
Guru menjelaskan
hakikat interaksi sosial dan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
· Siswa mengerjakan latihan pada buku halaman 6 dan 8.
· Siswa mengumpulkan tugasnya untuk dinilai oleh guru.
· Siswa mendiskusikan faktor-faktor yang mendorong
terjadinya interaksi sosial dengan mengerjakan aktivitas pada hal. 9.
· Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa
yang lain bisa menanggapi hasil diskusi kelompok.
· Guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok.
|
60 Menit
|
-
Kesungguhan
-
Disiplin
-
Uji diri
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang haikat interaksi dan
faktor-faktor pendorong interaksi sosial dalam masyarakat. Siswa mencatat
beberapa hal yang penting.
b.
Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa
untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang berikut.
|
10 Menit
|
-
Pengendalian diri
|
2. Pertemuan II
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu
|
Aspek Lifeskill yang Dikembangkan
|
1.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa
kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental siswa untuk
mengikuti pelajaran.
b. Memotivasi
Guru menjelaskan pentingya status, peranan, dan
hubungan individu dalam interaksi sosial.
|
10 Menit
|
|
2.
|
Kegiatan
Inti
1.
Eksplorasi
·
Siswa mendengar
penjelasan guru tentang status dan peranan individu dalam interaksi sosial.
·
Guru mengajak
siswa menyebutkan bentuk-bentuk interaksi sosial dalam masyarakat.
·
Siswa mengerjakan
latihan dalam buku halaman 11 dan 18.
·
Siswa
mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru untuk dinilai.
·
Siswa
mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 11 dan 19.
·
Siswa membacakan
hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu diskusi secara
klasikal.
·
Guru membuat
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa.
|
60 Menit
|
-
Kerja sama
-
Kesungguhan
-
Disiplin
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
a.
Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang status, peranan, dan hubungan
individu dalam interaksi sosial.
b.
Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap pekerjaan siswa secara mandiri, dan hasil
diskusi kelompok.
c.
Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal evaluasi di hlm
20-22.
|
10 menit
|
|
E. Sumber
pembelajaran:
1. Buku IPS SMK dan
MAK kelas X Erlangga halaman 1 - 22
2. Masalah-masalah
sosial
3. Media massa
seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Lembar soal
3. Transparan
Konsep
4. Power Point
G. Penilaian
1. Mengerjakan
latihan-latihan pada buku
2. Melakukan
pengamatan terhadap interaksi sosial dalam masyarakat
3. Test pilihan
ganda dan uraian
4. Penilaian hasil
diskusi
Berikut ini
format penilaian diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
Aspek
Penilaian
|
Total nilai
|
Presentasi |
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerja sama |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah
skor:
A. Tidak Baik Skor
1 24—30
= Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor
2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor
3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor
4
6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor
5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rentang skor : 1-3
1.
Aktivitas dalam
kelompok 12-15 = Sangat Baik
2.
Tanggung
jawab individu 9-11 = Baik
3.
Pemikiran 6-8 = Cukup
4.
Keberanian
berpendapat 3-5 = Kurang
5.
Keberanian
tampil
Kadipaten, Juli
2012
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah SMKN 1 Kadipaten
Kepala Sekolah SMKN 1 Kadipaten
Dra. WILLY
WILLYAWATI, M.Pd DANA
IDANG HADIANA, S.Pd
Pembina Tk.1 NIP.
197303132007011008
NIP.
196903011997022003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar